Wawancara kerja
merupakan tahapan yang paling penting dalam mencari pekerjaan. Satu kesalahan
fatal saja bisa membuat Anda batal mendapatkan pekerjaan impian. Ini beberapa
kesalahan yang harus dihindari.
1. Panik dan memberikan jawaban terbata-bata
Inilah alasan Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum wawancara
kerja. Jika perlu lakukan simulasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin
akan keluar dalam wawancara, sehingga Anda tak grogi. Satu hal lagi kiat untuk
menghindari kepanikan dan jawaban terbata-bata adalah kejujuran. Jika yang Anda
ungkapkan adalah sebuah kejujuran, pasti akan mudah mengutarakannya. Jangan
sampai Anda dianggap tidak menguasai topik karena kegugupan Anda.
2. Hindari topik sensitif
Sering kali pihak pewawancara melakukan obrolan santai untuk membuat suasana
tak terlalu kaku. Untuk hal ini, lebih baik hindari topik-topik yang sensitif
seperti politik, dan SARA. Bisa jadi pihak yang Anda sudutkan dalam topik
obrolan tersebut memiliki hubungan dekat dengan si pewawancara — sehingga
berpengaruh terhadap penilaiannya. Lebih baik pilih topik yang ringan juga
netral.
3. Hindari bergosip
Hobi bergosip bisa menjadi alasan Anda ditolak dari pekerjaan impian. Jadi
jangan pernah mengajak orang yang mewawancara Anda untuk bergosip.
4. Sok tahu
Jika di saat wawancara saja Anda sudah dinilai sok tahu dan tidak mau
mendengarkan orang lain, jangan berharap Anda bisa diterima kerja. Perusahaan
umumnya menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam sebuah tim. Bukan
orang sok pintar yang individualis. Jadi jangan pernah bersikap sok tahu.
Semoga sukses!
No comments:
Post a Comment